Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis - Tulang mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, seperti untuk membentuk struktur tubuh, melindungi organ dalam, tempat melekatnya otot serta menyimpan kalsium. Maka dari itu menjaga kesehatan tulang merupakan salah satu hal yang penting. Namun banyak dari orang yang mengabaikan kesehatan tulang mereka. Akhirnya pada saat usianya sudah cukup tua, mereka sangat rentan sekali untuk terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Jika anda sudah terkena osteoporosis, maka kekuatan tulang andapun akan berkurang.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Nah jika anda sedang mencari-cari bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan tulang anda agar terhindar dari osteoporosis, maka anda sekarang berada ditempat yang tepat. Karena disini saya akan membagikan tips perawatan tubuh tentang bagaimana cara menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Bagaimana caranya, langsung saja kita simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Jaga sejak muda
Manusia memiliki puncak kepadatan tulang pada saat berumur 20 tahun. Maka dari itu, sebelum atau saat anda berusia 20 anda harus memaksimalkan kepadatan tulang anda.

2. Perbanyak kalsium
Untuk orang dewasa usia antara 19-50 tahun, dan seorang pria usia antara 51-70 tahun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 1.000 miligram kalsium setiap harinya. Sedangkan untuk wanita yang berusia antara 51-70 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi 1.200 miligram per harinya.

Untuk sumber kalsium ini bisa anda dapatkan dari beberapa sumber, misalnya susu, almond, ikan salmon, brokoli, sarden atau kedelai. Jika anda kesulitan untuk mendapatkan sumber kalsium diatas, anda juga bisa mengkonsumsi supleman kalsium yang dianjurkan oleh dokter.

3. Konsumsi vitamin D
Untuk orang dewasa usia 19-70 tahun direkomendasikan untuk mengkonsumsi 600 IU (Internasional Unit). Kebutuhan vitamin D itu akan meningkat pada saat mencapai usia 71 tahun atau lebih, yaitu 800 IU.

Banyak sekali sumber vitamin D ini, anda bisa mengkonsumsi ikan berminyak, sarden, kuning telur dan susu untuk mendapatkan asupan vitamin D. selain itu, cahaya matahari pada waktu pagi juga dapat menghasilkan vitamin D bagi tubuh anda. Maka dari itu manfaatkan juga cahaya matahari pada saat pagi hari, namun perlu diingat jangan terlalu sering berjemur dibawah sinar matahari karena dapat menyebabkan kanker kulit.

4. Hindari rokok dan alkohol
Rokok ternyata dapat membuat pengeroposan tulang menjadi lebih cepat. Rokok ini akan lebih parah jika dikonsumsi oleh seorang wanita. Mengapa? Karena jika seorang wanita merokok maka akan mengalami tingkat estrogen menjadi lebih rendah dan masa menopuose yang lebih cepat sehingga dapat mempercepat pengeroposan tulang. Hindari juga alkohol, karena alkohol dapat menggangu tubuh untuk menyerap kalsium serta memperlambat pembentukan tulang.

5. Batasi asupan daging
Mengkonsumsi daging memang penting bagi kesehatan tubuh kita, namun jangan terlalu berlebihan. Mengapa? Karena konsumsi daging yang berlebihan dapat memperbanyak protein, yang mana protein tersebut akan menghambat penyerapan kalsium.

6. Kurangi konsumsi sodium
Mengkonsusmi terlalu banyak sodium ternyata juga dapat membuat kalsium keluar dari tulang dan keluar dari tubuh melalui urin. Jika kalsium dari tulang keluar, maka tulang anda akan semakin cepat untuk mengalami pengeroposan. Untuk mengantisipasi hal ini, saya sarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung sodium (garam).

7. Hindari minuman bersoda
Mengkonsumsi minuman bersoda memang dapat menimbulkan efek dan sensasi tersendiri di tubuh kita, terutama pada saat di lidah. Namun perlu diketahui juga bahwa mengkonsumsi minuman bersoda dapat melepaskan kalsium dari dalam tulang. Hal ini bisa terjadi karena kandungan fosfor dari minuman bersoda.

8. Olahraga
Olahraga seperti jogging, basket, badminton, volley dan lainnya juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tulang anda jika dilakukan secara rajin. Selain itu, olahraga yang dapat memperkuat otot, misalnya angkat beban juga dapat menguatkan tulang anda.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa saya bagikan kaitannya dengan cara menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Jika anda mempunyai tips lain, jangan sungkan-sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar dibawah ini. Sekian dulu dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih sudah berkunjung.