6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata - Pentingnya menjaga kesehatan indra penglihat kita adalah hal yang sebenarnya harus kita lakukan secara rutin. Dengan cara menjaga kesehatan mata ini Anda tetap bisa berlama-lama menggunakan mata untuk menatap layar televisi, layar smartphone, dan komputer, karena tips perawatan mata yang akan saya ulas kali ini sangat mudah diterapkan dan terbukti ampuh untuk merawat kesehatan mata Anda.

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang wajib kita lakukan, tak hanya sehat tetapi manfaat lain yang akan Anda rasakan jika konsisten dalam merawat mata adalah mata yang indah dan tampak menawan. Dari mata turun ke hati, ungkapan seperti ini sebenarnya memotivasi kita untuk rajin dalam menjaga kesehatan mata. Tapi semakin canggihnya teknologi sehingga membuat orang lupa kondisi matanya.

Bagi Anda yang tetap ingin berinteraksi dengan teman di akun jejaring sosial menggunakan smartphone, laptop, dan teknologi yang disertakan dengan layar tanpa harus takut jika mata mengalami kerusakan, lakukan beberpa cara menjaga kesehatan mata berikut ini rajin-rajin.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Periksakan mata ke dokter per 6 bulan sekali
Meski Anda sangat protektif terhadap kesehatan mata tetap saja yang namanya mata akan berubah kondisi bahkan bentuknya dari waktu ke waktu. Jika Anda memaksakan diri untuk merawat mata terus menerus tanpa arahan seorang ahli bisa-bisa perawatan mata yang telah Anda jalani selama ini akan sia-sia.

Jadi imbangi juga dengan cara berkonsultasi dan periksa mata ke dokter spesialis mata tiap 6 bulan sekali, ceritakan apa saja yang Anda keluhkan dengan kondisi mata Anda agar dokter bisa memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang sedang Anda alami.

2. Makan buah atau sayur yang mengandung vitamin A
Selain menjaga kesehatan mata dari luar tetap saja perlu campur tangan sesuatu yang membantu merawat mata dari dalam, salah satunya dengan konsumsi makanan sehat yang mengandung gizi penting untuk mata. Makanan yang paling baik untuk memelihara daya lihat mata adalah makanan yang mengandung vitamin A, misalnya wortel.

Wortel adalah salah satu sayur yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat pedesaan untuk merawat mata agar tetap sehat. Mengolahnya menjadi jus atau dikombinasikan dengan sayuran lain biasanya jadi menu harian masyarakat yang bertempat tinggal di desa.

3. Konsumsi suplemen yang mampu menjaga kondisi mata
Jangan lupa juga untuk konsumsi suplemen tiap harinya. Carilah suplemen yang kaya akan vitamin A, C, E, selenium, zinc, dan folic acid sebab beberapa nutrisi tersebut sangat baik untuk membantu Anda dalam merawat kesehatan mata.

4. Pakai lensa kontak kualitas terbaik dan ganti secara teratur
Penggunaan lensa mata yang kurang berkualitas bisa memicu terjadinya kerusakan mata. Jadi dalam memilih softlens usahakan yang kadar airnya banyak agar mata tak mudah kering, selain itu jangan lupa juga untuk mengganti lensa kontak tiap 3 bulan sekali.

5. Gunakan kacamata saat terpapar sinar matahari
Jika sedang di pantai untuk berjemur, banyak turis yang menggunakan kacamata hitam. Kenapa? Pasti kita menganggap kacamata tersebut sengaja dipakai dengan tujuan bergaya, tidak itu salah. Kacamata hitam dapat melindungi mata agar tidak terpapar langsung oleh teriknya sinar matahari.

Oleh sebab itu, jika Anda adalah pekerja lapangan yang tiap harinya sudah sangat terbiasa dengan panasnya matahari, gunakan kacamata pelindung untuk meminimalisir terpaan sinar matahari yang bisa merusak mata.

6. Istirahatkan mata teratur
Orang akan lupa jika sudah fokus melakukan sesuatu, misalnya saat bbm'an dengan teman untuk bercengkrama lewat dunia maya. Memang asyik, tapi jika terlalu lama mata akan rusak karena sudah bekerja ekstra untuk menangkap segala sesuatu yang dilihat dari layar smartphone Anda. Untuk itu, mata juga perlu istirahat. Tidur adalah istirahat terbaik yang bisa Anda lakukan, minimal sehari Anda tidur 8 jam dan jangan juga memaksa mata untuk melek di tengah malam.

Demikian beberapa cara menjaga kesehatan mata dengan mudah yang pastinya bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan. Jika mata tidak ingin rusak, lakukan tips perawatan mata tersebut tiap hari.