4 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami

4 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama - Untuk Anda yang memiliki bekas luka lama yang membandel dan tidak bisa hilang, biasanya seperti luka bakar atau luka akibat terkena knalpot, Anda bisa menghilangkannya dengan cara alami agar bekas luka tersebut tidak mengganggu kenyamanan ketika bepergian.

Dengan adanya bekas luka di kulit yang sulit dihilangkan, maka kulit kita yang bersih akan terkesan jelek dan dapat mengurangi rasa percaya diri ketika berada di depan umum. Bahkan hanya karena adanya bekas luka yang membekas di kulit, seseorang bisa saja menghindari diri dari pergaulan karena merasa malu dengan adanya bekas luka tersebut.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Jika seseorang memiliki bekas luka, maka pastinya ingin menghilangkan bekas luka tersebut secepatnya. Tetapi kendalanya, terkadang orang tidak tau cara menghilangkan bekas luka ini, terlebih jika luka yang ada sudah lama. Seringkali mereka harus memakai pakaian panjang yang sebenarnya tidak mereka sukai hanya untuk menutupi luka yang ada.

Untuk Anda yang memiliki bekas luka lama yang tidak bisa hilang, kami akan berbagi cara untuk menghilangkan bekas luka lama dengan bahan di sekitar kita. Cara ini tidak membutuhkan biaya mahal, bahkan dapat dilakukan sendiri di rumah.

1. Bawang putih
Bawang putih yang merupakan bumbu dapur ini sudah lama dikenal dan digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Berdasarkan penelitian, bawang putih memiliki efek anti proliferasi yang dapat menghambat pemekaran jaringan. Cukup oleskan bawang putih pada kulit yang luka, maka berfingsi mencegah timbulnya jaringat parut dan pembentukan keloid. Manfaat inilah yang membuat bawang putih efektif sebagai bahan alami penghilang bekas luka.

2. Lidah buaya
Kebanyakan orang mengetahui lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Daun lidah buaya juga sudah banyak dikenal bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Tapi tahukah Anda? Ternyata lidah buaya dapat menjadi bahan alami penghilang bekas luka yang efektif.

Cara penggunaanya, ambil batang lidah buaya yang telah dicuci dan dibersihkan dari kotoran. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gel yang ada di dalamnya. Gunakan gel lidah buaya ini untuk mengolesi bekas luka di kulit. Cara ini lebih efektif dilakukan ketika habis mandi dan sebelum tidur. Lakukan perawatan ini sampai bekas luka di kulit perlahan mulai hilang.

3. Buah mentimun
Mentimun yang kaya kandungan air ini sangat baik untuk kesehatan. Tapi benarkah mentimun dapat menghilangkan bekas luka? Mentimun banyak mengandung zat silica yang berperan untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Hal inilah yang menjadikan mentimun dapat menghilangkan bekas luka lama.

Cara penggunaannya, gunakan mentimun yang telah diparut untuk mengolesi kulit yang terdapat bekas luka. Cara ini dapat dilakukan dua kali sehari agar lebih efektif.

4. Jus mengkudu
Mengkudu mengandung senyawa scopoletin yang baik untuk melawan peradangan, namun di sisi lain senyawa ini juga dapat menghilangkan bekas luka.

Cara penggunaannya yaitu dengan membuat jus mengkudu, kemudian tempelkan pada kulit yang mengalami luka. Biarkan beberapa saat agar sari mengkudu meresap ke dalam kulit. Cara ini dapat menghilangkan bekas luka lama yang susah dihilangkan asalkan dilakukan secara rutin.

Sebenarnya masih banyak bahan alami yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka seperti madu, daun mint, teh hijau dan jus lemon. Cara penggunaannnya juga tidak jauh berbeda dengan cara-cara di atas. Jadi setelah Anda mengetahui cara menghilangkan bekas luka secara alami seperti yang telah diuraikan di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi karena memiliki luka yang tidak bisa hilang. Cobalah cara-cara di atas dan rasakan manfaatnya pada kulit Anda